Kisah Ocha – “Setiap anak punya mimpi, dan setiap mimpi mereka patut diperjuangkan.”

Sejak kecil, Ocha bercita-cita menjadi artis. Ocha tinggal di Jakarta Utara dan baru-baru ini merayakan ulang tahun yang ke-15. Namun empat tahun lalu, ulang tahun ke-15 rasanya seperti mimpi yang tidak mungkin terwujud.

Pada umur 11 tahun, Ocha terserang suatu penyakit berat yang menimbulkan berbagai gejala menyakitkan. Harapan hidupnya tidak tampak panjang.

Untungnya, ada kelompok relawan masyarakat di daerah tempat tinggalnya yang siap membantu Ocha dan keluarga. Relawan ini adalah bagian dari Community Network in Palliative Care (“CNPC”), yang dibentuk dan didukung oleh Yayasan Rumah Rachel. Menghidupkan kembali semangat gotong-royong yang tertanam di jiwa masyarakat Indonesia, program CNPC melatih dan memberdayakan masyarakat setempat untuk mengidentifikasi dan merawat anak-anak dengan penyakit berat di lingkungannya.

Dengan dukungan Yayasan Rumah Rachel dan relawan CNPC, Ocha menempuh jalan panjang menuju pemulihan. Sekarang di usia 15, Ocha bisa merayakan hidup dengan teman-temannya, layaknya remaja lain, dengan keberanian untuk meneruskan mimpinya. Dan berkat teman-teman kami di Anatman Pictures, dia berhasil mewujudkan mimpinya untuk jadi artis!

Untuk anak-anak seperti Ocha, kondisi kesehatan mereka sangat tergantung pada lingkungan dan sistem dukungan yang ada. Program-program seperti CNPC, yang berupaya membangun sistem dukungan asuhan paliatif yang kuat di masyarakat, membantu memastikan anak-anak dengan penyakit berat seperti Ocha mendapat bantuan dan perawatan yang mereka butuhkan. Karena setiap anak punya mimpi, dan setiap mimpi mereka patut diperjuangkan.

Klik di sini untuk lihat video tentang program CNPC dan Ocha.

Mau kah Kamu bantu kami mendukung anak-anak yang hidup dengan penyakit serius, serta keluarga mereka, agar mereka bisa hidup terbebas nyeri dan dengan bahagia? Klik di sini untuk berdonasi.